Saturday, May 18

”Alhamdulillah gula darah saya bisa normal dan tidak naik lagi setelah dibekam di Bengkel Manusia Indonesia. Mantap dan terbukti manfaatnya”

Erlina, Ibu Rumah Tangga, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau

”Alhamdulillah setelah dibekam di Bengkel Manusia Indonesia kondisi kesehatan saya semakin bagus dan normal kembali. Sebelum berobat saya ada keluhan medis dan non medis. Terima kasih”

Yuslina, Ibu Rumah Tangga, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau

”Memang terasa khasiatnya setelah dibekam dan diruqyah di sini (Bengkel Manusia). Terima kasih Pak Candra”

Muhammad Ridho, Teknisi Listrik, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

”Terima kasih Pak Candra sudah menerapi saya selama di Pekanbaru. Insya Allah saya sudah sehat dan normal kembali”

Mardiansyah, Swasta, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

”Alhamdulillah bagus bekam dan ruqyah di Bengkel Manusia Indonesia. Saya adalah buktinya bisa sehat dan segar setelah berobat di sini”

Muhammad Lidinillah, Wiraswasta, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

”Saya sudah berobat ke mana-mana tapi belum sembuh juga. Alhamdulillah saya berobat ke Bengkel Manusia Indonesia, kesehatan jasmani dan rohani saya bisa pulih dan sembuh. Sehat itu sangat berharga dan tidak ternilai harganya”

Rosma, Ibu Rumah Tangga, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

”Alhamdulillah pernah bekam di Bengkel Manusia Indonesia. Bagus dan terasa khasiatnya. Terima kasih”

Kyai Adib Masykuri, Guru, Dai & Penceramah, Batam, Kepulauan Riau

”Gus Jubron dari Bengkel Manusia Indonesia sangat profesional. Saya langganan bekam di sini. Kapan ke Purworejo (Jawa Tengah) lagi Gus Jub? Saya mau bekam lagi kalau ke Purworejo, terima kasih”

Suryono Pongge, S.E., Eks Manajer Pemasaran Koran Sore Wawasan & Suara Merdeka Area Kedu Jawa Tengah

”Alhamdulillah sering bekam di Bengkel Manusia Indonesia sama Pak Candra. Mantap, bagus, dan profesional. Jam terbangnya sudah tinggi” 

Bachtiar Arief Nugroho, CEO PT. Bareksa & Head of Digital Business Unit PT. Syaliendra Capital, Jakarta

”Saya pernah dibekam sama Pak Candra Bengkel Manusia Indonesia di kantor saya (Jalan Jenderal Sudirman Pintu Satu Senayan). Alhamdulillah bagus dan rasanya segar. Insya Allah lain waktu bisa bekam lagi”

Prof. Dr. H. Didin Wahidin, M.Pd., Direktur Kemahasiswaan dan Karier, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

”Bekam mampu meningkatkan imunitas tubuh. Pengobatan Rasulullah ini harus kita lestarikan dan umat Islam harus rutin melakukannya supaya lebih sehat”

Rudi Al Hasan, S.H.I., M.H., Eks Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Kabupaten Kepulauan Meranti & Sekretaris Disprindagkop Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau

“Bekam bagus dan merupakan pengobatan sunah nabi. Saya bekam di Bengkel Manusia sekitar tahun 2008 lalu. Alhamdulillah tambah segar badan setelah dibekam”

H. Riki Syolihin, S.Fil., M.Si., Eks Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam 2009-2014 & Pendiri Sekolah Gratis Public Speaking School Karya Anak Bangsa, Batam, Kepulauan Riau

“Setelah bekam di Bengkel Manusia badan rasanya lebih enak dan nyaman. Saya memang biasa berbekam dan mudah-mudahan bisa rutin”

Abdul Haris Amin, Manajer Bank Indonesia Jakarta

“Awal saya bekam pertama kali tidak ke sini. Setelah tahu Bengkel Manusia dekat rumah, akhirnya saya ke sini untuk membuang darah kotor”

Tji Kiang Musa, Wiraswasta, Batam, Kepulauan Riau

“Pak Candra Bengkel Manusia ini bisa diminta datang ke mana saja untuk mengobati medis dan non medis. Misalnya ke Jakarta, Bandung, Surabaya, atau kota-kota lainnya di seluruh Indonesia. Pengalaman beliau luas dan sangat profesional”

Soni Sumono, S.E., Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Padangsidimpuan Sumatera Utara

“Alhamdulillah waktu dinas di Batam, saya sering bekam di Bengkel Manusia Indonesia. Badan saya menjadi lebih sehat dan bugar. Insya Allah kalau pas ke Batam saya mau bekam lagi di sini”

Ery Martajaya, S.E., Eks Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Kepulauan Riau

“Saya berusia 26 tahun dan memiliki riwayat asam urat yang sangat parah. Waktu pertama kali datang ke sini, dekat mata kaki bengkak, sangat sakit. Beberapa kali terapi ke sini, kondisi asam urat saya normal dan tidak pernah kambuh lagi. Saya pun ajak bapak saya untuk terapi di sini, hasilnya juga sama. Bapak saya kini sehat dan tidak pernah asam urat lagi”

Roy Jeffry, Wiraswasta, Batam, Kepulauan Riau

“Setelah sering konsultasi dan terapi di sini, banyak hal-hal baru yang saya dapatkan, terutama pengobatan Rasulullah ini. Sekarang saya lebih ringan (rileks) menjalani kehidupan yang sebelumnya menurut saya rumit dan membingungkan. Jika Anda memiliki masalah kesehatan atau hal-hal di luar itu, cobalah ke Bengkel Manusia, mudah-mudahan Anda menemukan solusinya”

Listia Himawati, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Singapura

“Alhamdulillah saya sehat setelah melakukan beberapa kali terapi di sini. Terlebih persoalan yang berkaitan dengan hati dan pikiran (spiritual). Sekarang hidup saya menjadi lebih nyaman dan tenang. Saya menjadi lebih yakin bahwa setiap masalah seberat apapun pasti ada solusinya”

Wulan P. Rahayu, Karyawan Swasta, Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah

“Bagus bekam itu karena membuang darah-darah yang tak bagus dari dalam tubuh. Saya rajin terapi ke sini (Bengkel Manusia) harapannya supaya bisa awet muda dan kulit menjadi lebih cerah”

Lindawati Chaniago, Eks Penyiar Radio & Wiraswasta, Singapura

“Saya mengobati mamak saya yang kena darah tinggi, sudah beberapa kali ke sini dan Alhamdulillah tensinya bisa normal lagi. Saya juga ikut terapi pas mamak diobati di Bengkel Manusia”

Chairun Nasifah, Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Waktu itu saya ke sini (Bengkel Manusia) meminta doa khusus karena dompet saya dicuri. Uang di dompet tidak seberapa sih, yang paling penting isinya, karena ada STNK, ID Card perusahaan, kartu Jamsostek, SIM C, dan surat-surat penting lainnya. Alhamdulillah seminggu kemudian ada orang yang mengembalikan ke saya langsung, amazing

Mayang Sari, Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Keluarga kami bekam semuanya di Bengkel Manusia. Bapak, Ibu, kakak-kakak, adik, dan keluarga besar pokoknya bekam di sini. Bagus dan mantap hasilnya”

Dewi Cahyati, S.Pd., Guru BK SMK Penerbangan AAG Adi Sutjipto Yogyakarta

“Saya pernah diruqyah di Bengkel Manusia Indonesia karena setiap malam sering mimpi buruk. Pokoknya setiap malam merasakan hal-hal yang aneh sebelum tidur. Kalau sudah tidur, datanglah mimpi yang menyeramkan sampai nyesek dadanya. Alhamdulillah setelah berobat ke sini semuanya bisa teratasi dengan baik dan tidak ada mimpi buruk lagi”

Sri Innayati Sari, Karyawan Swasta, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

“Gangguan sihir itu selalu menggangguku setiap saat. Sekarang sudah tidak ada lagi karena sudah diruqyah di Bengkel Manusia Indonesia. Percaya nggak percaya, sihir itu nyata adanya”

I. Agustiana D., Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Ringan dan hilang capek-capek setelah dibekam. Teman-teman kalau mau bekam ke Bengkel Manusia saja, Insya Allah sehat selalu”

Rini Mariani, S.E., Founder Ariba Construction Company, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

“Pertama kali saya bekam di Depok Jawa Barat ke Bengkel Manusia. Alhamdulillah dengan bekam saya tetap sehat. Anda bisa mencoba terapi ini, tidak perlu menunggu sakit dulu baru diobati, tapi menjaga itu lebih baik”

Awaluddin Lubis, Karyawan Swasta, Jakarta

“Ayah, ibu dan keponakan saya beberapa kali diterapi di Bengkel Manusia. Kini kondisi mereka sehat dan lebih baik dari sebelumnya. Sangat direkomendasikan untuk Anda jika ingin menemukan kesembuhan”

Elma Sasmitha, Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Saya terapi medis dan non medis di Bengkel Manusia Indonesia, Alhamdulillah semua keluhan saya sembuh setelah berobat di sini”

Iyah, Karyawati Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Saya kena stroke. Anak saya kasih tahu kalau bekam bisa menyembuhkan stroke. Saya minta anak saya datang suruh terapi saya di rumah sampai sembuh. Saya sudah sembuh sekarang, bagus terapi di sini”

Ruslin Halim, Ibu Rumah Tangga, Batam, Kepulauan Riau

“Saya memiliki riwayat keturunan diabetes tipe II. Selain itu ada juga vertigo, maagh, dan saraf kejepit. Alhamdulillah waktu dinas ke Batam saya cari di Google dan jumpa bekam Bengkel Manusia. Saya penasaran dan datang ke sini. Alhamdulillah setelah diterapi beberapa kali kondisi kesehatan saya menjadi lebih bagus dan sehat”

Dra. Hj. Rita Purwaningsih, M.M., Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan

“Saya mengalami gangguan non medis. Ada kawan kantor menyarankan saya ke Bengkel Manusia Indonesia untuk ikhtiar mencari kesembuhan. Alhamdulillah qodarullah, setelah berobat ke sini saya bisa kembali sehat seperti sedia kala”

Putri Maharani, Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Lima tahun lalu saya memiliki masalah lambung yang sangat serius. Ada luka di dalam lambung sehingga sulit diobati. Alhamdulillah setelah terapi ke Bengkel Manusia, kondisi lambung saya bisa normal dan hasilnya sehat. Luar biasa sulit diterima akal tapi memang begitu kenyataannya”

Hermanto Febri Koagouw, Wiraswasta, Batam, Kepulauan Riau

“Saya tidak memiliki keluhan apa-apa, hanya ingin mencoba terapi cara Rasulullah di Bengkel Manusia. Badan rasanya menjadi ringan dan terasa lebih sehat”

Indus Triyadi, Staf Radio Discovery Minang FM Batam, Kepulauan Riau

“Awal kehadiran Bengkel Manusia di Batam tahun 2005, saya salah satu pasien yang sering terapi di sini. Banyak peningkatan dalam diri saya, terutama masalah spritual. Wejangan Pak Candra sangat membantu menjalani proses kehidupan ini, terima kasih”

Guntoro Dewanto, Owner Pondok Sambal Ijo, Kampung Pelita, Batam, Kepulauan Riau

“Saya ada gangguan medis dan non medis. Alhamdulillah setelah terapi beberapa kali di Bengkel Manusia, keluhan saya sudah tidak ada lagi. Terima kasih”

Iman Saputro, Karyawan Swasta, Cikarang, Jawa Barat

“Keluhan saya kolesterol, leher dan pundak sering kaku. Sangat tidak nyaman kalau sedang mengerjakan borongan jahitan. Setelah rutin terapi ke Bengkel Manusia, semuanya menjadi normal dan pekerjaan saya sangat lancar tanpa ada keluhan kesehatan lagi”

Muhtadin, Owner Kirana Tailor, Batam, Kepulauan Riau

“Saya rutin bekam ke Bengkel Manusia dan saya lebih sering berdiskusi masalah spiritual ke Pak Candra. Intinya jika persoalan bertemu dengan ahlinya, Insya Allah semua bisa terselesaikan dengan baik”

Saono Darso Miharjo, Pengusaha Kelapa Sawit

“Saya sering mengalami tidak enak badan. Pernah medical check up tidak ada sakit yang berarti. Namun saya merasakan tidak nyaman kalau saat meeting atau menjelang tidur. Alhamdulillah setelah rutin terapi di Bengkel Manusia, semua keluhan itu sirna dan kesehatan saya menjadi lebih baik”

Allysa Artha Zeni, Direktur Marketing Investasi Mega Proyek (IMP) Jakarta

“Saya sering berbekam ke Bengkel Manusia di Cempaka Putih Barat XIX sejak awal 2006 silam. Keluhan sakit banyak, sampai sekarang masih berbekam dengan Pak Candra, kadang saya undang beliau ke Jakarta atau kalau pas saya ke Malaysia atau Singapura saya wajib mampir ke Batam untuk dibekam dulu”

Ahmad Zayuni, Pengusaha, Bintaro, Jakarta Selatan

“Migren yang sangat parah saya alami selama dua tahun. Kalau pas kambuh saat berlayar, itu yang membuat saya tersiksa. Saya harus terapi secara rutin di Bengkel Manusia dan sekarang kondisi saya sudah tidak pernah migren atau sakit-sakit yang lain”

Capt. Agus Hendrik Monopoli, Kapten Kapal Kargo, Bengkong Baru, Batam, Kepulauan Riau

“Kalau dibilang kapan bekam, saya sudah berbekam sejak tahun 2009 lalu. Sudah tidak terhitung berapa kali dibekam dari 2009 sampai saat ini. Insya Allah dan Alhamdulillah setelah rutin berbekam saya menjadi lebih sehat dan baik-baik saja, terima kasih”

Bagus Permadi, S.E., Eks Manajer PSDM PT. Tribun Media Grafika (Tribun Batam) & Senior Supervisor PT. Adhya Tirta Batam, Batam, Kepulauan Riau

“Saya terkena diabetes karena pola makan dan minum. Gula darah saya sampai 450 mg/dL. Sebagian jari kaki kiri saya luka (hitam) dan basah. Jika tidak sembuh harus diamputasi. Setelah beberapa kali berobat ke Bengkel Manusia, gula darah saya normal dan tidak jadi diamputasi”

Solikin, Wiraswasta, Batam, Kepulauan Riau

“Alhamdulillah berkat pengobatan bekam dan ruqyah Pak Candra Puspo, kesehatan saya sudah membaik, kepala tidak terasa sakit lagi dan badan jadi enteng. Terima kasih atas pertolongannya”

Nina Yuliati, Wiraswasta, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

“Keponakan saya perempuan mengalami gangguan jiwa. Keluarga besar memasukkannya ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Bengkulu dan dirawat selama satu minggu lebih. Waktu itu kepala rumah sakit justru menyarankan (meminta) keluarga untuk mendatangkan ustaz/kyai, karena secara medis keponakan saya baik-baik saja meskipun perilakunya mengalami gangguan kejiwaan. Setelah berembuk dengan keluarga, akhirnya kami menghadirkan Pak Candra ke Bengkulu untuk mengobati keponakan saya. Alhamdulillah setelah diobati, keponakan saya sehat dan normal kembali”

Edi Rizal, Warga Bengkulu Provinsi Bengkul

“Buku penelitian saya tentang bekam yang berjudul 'Cara Cerdas Atasi Radikal Bebas' banyak mengutip pendapat (pengalaman) Pak Candra P. Pusponegoro. Saya meneliti bekam sangat detail karena ingin menghubungkan ilmu kedokteran dengan agama. Banyak ayat Al Qur'an yang berhubungan dengan ilmu kedokteran, apalagi bekam. Alhamdulillah Agustus 2011 saya bisa bertemu langsung dengan Pak Candra di Batam. Terima kasih Pak Candra atas ilmunya dan semoga sukses Bengkel Manusia Indonesia”

Dr. Wahyudi Widada, S.Kp., M.Ked., Dosen Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Provinsi Jawa Timur

“Alhamdulillah setelah terapi di sini kolesterol saya normal dan tidak pernah naik lagi. Di sini diterapkan pengobatan ilmiah dan ilahiah selama saya terapi, saya sangat bersyukur karena berjodoh dan sembuh total setelah berobat ke Bengkel Manusia Indonesia”

Erwin Susanto, Staf Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kepulauan Riau

“Walau saya pernah berbekam sekali, keluhan di leher dan pundak yang sering berat sudah tidak ada lagi. Dulu sebelum dibekam, bagian leher dan pundak sering diolesi minyak angin, hilang sebentar beratnya, tidak lama kambuh lagi. Alhamdulillah setelah dibekam sudah tidak ada keluhan itu lagi”

Lisa, Karyawati, Jakarta

“Papa saya biasa berbekam ke Cempaka Putih Jakarta Pusat. Nah waktu itu papa ingin bekam namun tidak bisa ke Cempaka Putih, terus papa mengundang Pak Candra Bengkel Manusia Indonesia ke rumah Pondok Indah. Saya disuruh papa untuk mencoba bekam. Ternyata setelah dibekam rasa badan menjadi segar, enak dan nyaman”

Epelia Widjaja, Independent Product Manager & Consultant, Jakarta

“Kita harus melihat pengobatan ini dari sisi iman. Pengobatan ini selaras dengan hati dan pikiran karena sesuai dengan keimanan yang saya anut. Hasilnya bisa dibuktikan secara ilmiah dan logis. Menurut saya, jika Anda memiliki sakit dan belum sembuh, silakan mencoba berobat ke Bengkel Manusia Indonesia”

Dr. Fahmi Charish Mustofa, S.Si.T., M.Eng., Analis Pendidikan Akademik Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta

“Bekam luar biasa menurut saya. Pengobatan Rasulullah yang mampu memberikan kesehatan jasmani dan ruhani. Saya benar-benar merasakan kedahsyatan pengobatan metode bekam”

Lian Eisdiarwan, S.T., Art Director at Jogja Ad Yogyakarta

“Alhamdulillah beberapa kali saya bekam di Bengkel Manusia Indonesia dan hasilnya bagus. Mudah-mudahan bisa terus membawa kemaslahatan untuk umat manusia”

Kombes Pol Eko Budhi Purwono, S.Ik., Auditor Kepolisian Madya TK. Itwasda Polda Kepulauan Riau & Eks Kapolres Agam Sumatera Barat

“Alhamdulillah saat ini kondisi saya berangsur-angsur sehat dan terus membaik. Saya melakuan terapi oksidan di Bengkel Manusia Indonesia. Saya pernah dibekam pakai jarum (lanchet) hanya saja setelah bekam pertama kali tahun 2015 tidak memberikan efek yang signifikan. Bengkel Manusia sangat direkomendasikan untuk Anda”

Fitri Sundari, S.Psi., M.Si., Direktur Marketing Perusahaan Asing, Jakarta

“Istri saya terkena stroke, benar-benar lemas dan tidak bisa apa-apa. Saya kira pakai magic berobat di sini, karena logikanya stroke itu lama pulihnya. Alhamdulillah beberapa kali diterapi Bengkel Manusia seperti sulapan saja, istri saya bisa pulih dan normal seperti sedia kala. Saya tambah yakin ini pengobatan mengandung keberkahan yang luar biasa”

Rudi Hartono, Karyawan Swasta, Batam, Kepulauan Riau

“Saya tadinya kurang yakin kalau gula darah tidak bisa turun setelah dibekam. Tapi setelah diterapi di sini berulangkali, saya semakin yakin bahwa pengobatan ini menurunkan kadar gula darah tanpa minum obat. Buktinya setiap habis terapi saya cek gula darahnya berangsur-angsur turun dan normal”

Slamet Hadi Wiyoto, Wiraswasta, Batam, Kepulauan Riau

“Sebenarnya saya takut dengan bekam karena harus diiris (gores) tapi setelah menerima penjelasan yang masuk akal jadinya saya bersedia dibekam. Terima kasih Pak Candra sudah membekam saya ke rumah”

Drs. H. Yusfa Hendri, M.Si., Eks Kadis Pariwisata Batam, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

我曾经患有胆固醇和颈部酸痛,无法正常活动。在印度尼西亚人类工作室接受治疗后,他恢复正常并可以恢复活动 (Saya pernah terserang kolesterol dan leher sakit tidak bisa digerakkan normal. Setelah diobati di Bengkel Manusia Indonesia jadi normal dan bisa beraktivitas kembali)”

Jullie Anna, Model & Pengusaha

Bekam is the best. Alhamdulilah warga Magelang di kota Batam kalau ada apa-apa (sakit) pasti dibawa ke Bengkel Manusia Indonesia, apalagi yang sakit berbau non medis, seperti kesampok atau yang aneh-aneh gitulah”

Widya Ariyanti, Eks. Bendahara Magelang Batam Community (MBC), Batam, Kepulauan Riau

“Sejak awal tahun 2007 saya sudah biasa terapi di Bengkel Manusia Indonesia. Pengobatan cara Rasulullah ini harus dibumikan supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas di Batam dan Kepulauan Riau”

Drs. Suhardis, M.Sc., Dosen & Owner Radio Discovery Minang FM Batam, Kepulauan Riau

“Alhamdulillah sering bekam di Bengkel Manusia rasanya lebih fit, plong, dan segar. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering bekerja berat dan pulang kerja malam-malam”

Agus Salam Nuryahya, S.Sos., Eks Sekretaris GP Ansor Provinsi Kepulauan Riau & Supervisor PT. Mahardika Cipta Nusa Batam

“Saya tidak ada sakit tapi sering bekam di Bengkel Manusia. Hasilnya alhamdulillah badan menjadi lebih sehat dan segar. Ya bekam, ya ruqyah mengubah kondisi kesehatan saya menjadi lebih baik”

Junaidi Abdul Hadi, S.Sos., Ketua PCM Muhammadiyah Kecamatan Batam Kota & Pengusaha Advertising, Batam, Kepulauan Riau

“Luar bisa pengobatan yang disajikan Bengkel Manusia. Beberapa kali saya membawa teman-teman saya yang sakit berobat ke sini. Alhamdulillah hasilnya 100 persen sembuh totalitas”

Eddy Supriatna, Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Kepulauan Riau

“Saya mengalami gangguan non medis. Alhamdulillah puas setelah terapi ke Bengkel Manusia Indonesia karena bisa sehat kembali walau harus datang berulangkali dan biaya yang tidak sedikit. Sehat itu mahal dan jangan menunggu sakit baru berobat”

Kitri Lestari, Karyawati Swasta, Pasar Rebo, Jakarta Timur

“Alhamdulillah saya pernah mengalami sakit yang cukup lama. Disarankan sama kakak saya untuk terapi di Bengkel Manusia Indonesia, setelah berobat ke sini sembuh sampai sekarang ini, alhamdulillah”

Irawati Chaniago, Wiraswasta, Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat

“Sudah tidak diragukan lagi kalau Bengkel Manusia Indonesia. Apa saja bisa diobati di sini, Insya Allah bisa tercapai kesembuhan tapi hati harus ikhlas dan sabar untuk mencapai kesembuhan itu sendiri”

Radityo Sadmoko, S.E., Pengusaha Rental Mobil, Pogung Lor, Sleman, Yogyakarta

“Bekam Gus Jubron dari Bengkel Manusia Indonesia memang oke. Mudah-mudahan dan saya berharap Gus bisa buka cabang di Pekanbaru Riau karena banyak sekal yang ingin berobat dengan beliau”

Heri Biandoko, Pengusaha Besi Teralis, Tangkuban Perahu, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau

“Saya pernah dibekam di Bengkel Manusia Indonesia. Waktu itu saya mengundang beliau (Pak Candra) ke rumah dinas saya di seberang BCS Mall Batam. Alhamdulillah saya sehat. Terima kasih Pak Candra”

H. Ibnu Ismoyo, S.H., M.H., Kepala Imigrasi Klas I Khusus Batam, Provinsi Kepulauan Riau

“Bengkel Manusia Indonesia memang sangat ahli dan berkompeten di bidang pengobatan bekam dan ruqyah. Saya pernah mengajak kawan saya dari Singapura berobat ke sini dan hasilnya sembuh. Alhamdulillah”

Ustaz Asep Yaya, S.Sos., Guru PAI & Pendiri Ponpes Askhabul Yamin, Batam, Kepulauan Riau

“Bekam bagus. Saya beberapa kali ke Bengkel Manusia Indonesia dan hasilnya luar biasa. Cocok untuk mereka yang sehat atau sakit. Jer basuki mawa bea, pokoknya kalau ingin sehat ke sini saja”

Cokro Achirin, Wiraswasta, Kavling Senjulung, Batam, Kepulauan Riau

“Saya rutin ke Bengkel Manusia Indonesia. Sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki penyakit diabetes, jantung, kolesterol atau riwayat sakit berat lainnya. Sudah terbukti dan Insya Allah sembuh”

Legiman, Pemilik Warung Makan Solo Pak Gareng, Batam, Kepulauan Riau

“Setiap passing ke Batam saya selalu menyehatkan badan ke Bengkel Manusia Indonesia. Alhamdulillah saya semakin sehat dan bugar. Banyak yang cocok berobat ke sini. Silakan dicoba dan lihat hasilnya”

Sodikin, Ahli Pengelasan & Konstruksi, Pekerja Migran Indonesia (PMI), Kuala Lumpur, Malaysia

“Sebenarnya saya sudah putus asa dengan penyakit diabetes yang menahun ini. Alhamdulillah setelah dikenalkan sama Pak Setyo ke Bengkel Manusia Indonesia, saya bersedia berobat di sini secara berulang-ulang. Rasanya tidak masuk akal, tapi gula darah saya normal buktinya. Sekarang saya sudah sembuh tanpa harus mengonsumsi obat diabetes”

Zaenal Arifin, CS Penabulu Foundation, Rawa Bambu I, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

“Saya mengalami gangguan kepala. Ketika mau rukuk dan sujud langsung berputar-putar dan terjatuh. Hampir sebulan saya tidak salat berjemaah ke masjid karena sakit itu. Alhamdulillah setelah dibekam beberapa kali saya sehat dan bisa salat berjemaah lagi di masjid. Terima kasih”

Pakde Mulyadi, Jemaah Salat Lima Waktu Masjid Al Ittihad Bengkong Swadebi, Batam, Kepulauan Riau

“Bagus bekam itu. Saya biasa berbekam. Saya pernah bekam di Bengkel Manusia Indonesia”

H. Gunanta Afrima, COO PT. Syailendra Capital Jakarta - Suami Artis & Penyanyi Nicky Astria, Jakarta

“Alhamdulillah dulu sering bekam di Bengkel Manusia. Keluarga saya ajak berbekam di Bengkel Manusia. Bekam dianjurkan dan bagus”

Ny. Hj. Teuku Joesransjah Mudadalam, Ibunda Artis Cut Tari Aminah Anasya, Jakarta

"Alhamdulillah dengan bekam saya menjadi lebih sehat dan berkemajuan. Silakan yang ingin dibekam datang ke Bengkel Manusia Indonesia"

Candra Ibrahim, Eks Dirut Batam Pos & Eks Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulauan Riau

"Alhamdulillah saya rutin bekam di Bengkel Manusia Indonesia. Bekam mendapatkan pahala dan kebaikan. Insya Allah badan jadi sehat" 

Muhammad Santoso, S.E., Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

"Mantap bekam di Bengkel Manusia Indonesia. Semoga yang sudah bekam dan berobat ke sini sembuh dan yang belum bekam bisa mencobanya"

Dedy Suwadha, S.E., CEO & Pemimpin Redaksi Media Online Wartakepri.Co.Id, Batam, Kepulauan Riau

"Alhamdulillah saya rajin berbekam di Bengkel Manusia Indonesia. Insya Allah keluarga jadi lebih sehat"

Lettu R. Dhani Koesworo, Anggota Pangkalan TNI Angkatan Udara (AU) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Provinsi Riau

"Saya harus pasang ring jantung karena ada penyumbatan, alhamdulillah setelah beberapa kali bekam di Bengkel Manusia Indonesia tidak jadi pasang ring" 

Achmad Aleq, Wiraswasta & Teknisi AC, Batam, Kepulauan Riau

"Waktu itu saya sakit pinggang, sudah dipijat tapi belum juga sembuh. Alhamdulillah setelah bekam ke Bengkel Manusia Indonesia langsung hilang sakit pinggangnya"

Indra Ardi, S.E., Guru Sekolah Swasta, Batam, Kepulauan Riau

"Saya pernah dibekam pakai jarum dan setelahnya meriang-meriang. Tapi setelah bekam pakai goresan di Bengkel Manusia Indonesia tidak ada meriang-meriang, makanya saya ajak keluarga besar saya bekam di sini. Top recommended"

Gus Abdul Azis, Eks Ketua GP Ansor Kecamatan Sungai Beduk, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

"Bekam pokoke oke, mantap dan bagus. Saya dulu penasaran dengan bekam dan sekarang sudah tidak penasaran lagi dengan bekam" 

Andyka Susanto, West Region General Manager Kalla Toyota & Eks Branch Head PT. Astra Daihatsu Motor Batam

"Saya mengenal bekam melalui Bengkel Manusia Indonesia. Alhamdulillah saya ajak seluruh keluarga bekam di sini. Semoga sukses selalu Pak Candra berdakwah melalui pengobatan ini"

Drs. Syamsuar Ramli, S.E., Eks Kepala Dinas Kebersihan & Pertamanan Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau

"Bekam pengobatan sunah Nabi Muhammad. Pertama kali bekam ke Bengkel Manusia Indonesia di Jakarta Pusat tahun 2007. Alhamdulillah kalau Pak Candra roadshow ke Pekanbaru Riau, saya undang beliau ke rumah untuk bekam saya dan keluarga"   

Drs. H. Auni M. Noor, M.Si., Ketua Baznas Provinsi Riau & Eks Wakil Bupati Rokan Hulu Provinsi Riau

"Setiap bulan Insya Allah saya, istri, dan anak-anak bekam di Bengkel Manusia Indonesia. Luar biasa manfaatnya dan kesehatan saya selalu terjaga dengan rutin berbekam"

Saibansah Dardani, S.Ag., Pemimpin Redaksi Media Online BatamToday.Com, Batam, Kepulauan Riau

"Saya rutin bekam di Bengkel Manusia Indonesia setiap sebulan sekali. Tidak ada risiko dan langsung terasa ringannya. Alhamdulillah"

Ahmad Junedi, Pedagang Mobil Seken - Pemilik Bengkel Servis Mobil, Legenda Malaka, Batam, Kepulauan Riau

"Ringan dan enak setelah dibekam. Bekam adalah mukjizat untuk seluruh umat manusia. Tidak saat sakit saja harus dibekam, tapi orang sehat juga harus dibekam biar lebih bugar dan fresh"

Ramon Damora, Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Provinsi Kepulauan Riau

"Saya non muslim tapi percaya dan yakin akan pengobatan bekam ini. Setelah bekam beberapa kali di Bengkel Manusia Indonesia kondisi kesehatan saya semakin membaik dan sehat seperti semua, terima kasih" 

Zeth Seto, S.Kom., Staf & Ahli IT, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan

"Bekam banyak memberikan manfaat kesehatan untuk saya dan keluarga. Bekam bagus, medis bagus, semuanya bagus karena ilmunya Allah"

Nur Ahli Mahmudi, S.E., Eks Redpel Posmetro & Tanjung Pinang Pos, Owner Now MetroSticker, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau

"Alhamdulillah setelah bekam di Bengkel Manusia Indonesia sudah tidak pegal-pegal lagi bagian leher dan kepala menjadi lebih ringan"

Hasan Abdul Karim, Imam Masjid - Mubalig, Penceramah, Batam, Kepulauan Riau

"Alhamdulilah saya berbekam di Bengkel Manusia Indonesia awal tahun 2006. Saya ajak keluarga dan sanak saudara untuk bekam semuanya supaya sehat dan mendapat pahala. Mudah-mudahan sehat semuanya" 

H. Leonardy Harmainy Dr. Bandaro Basa, S.IP., M.H., Anggota DPD Republik Indonesia

"Alhamdulillah saya pernah bekam di Bengkel Manusia Indonesia tahun 2007. Mudah-mudahan kehadiran Bengkel Manusia Indonesia bisa menjadikan sarana kesehatan bagi umat manusia"

H. Igo Ilham, M.Si., Aktris Film & Eks Anggota DPRD DKI Jakarta

"Saya berbekam di Bengkel Manusia Indonesia waktu bertugas di Batam. Mudah-mudahan bermanfaat karena dunia ini hanya sementara dan akhirat selamanya"

AKBP Capt. Dedy Prayudi, M.Mar., Komandan Kapal Perang Yudistira 8003 Ditpolair Baharkam Polri

"Alhamdulillah saya berbekam di Bengkel Manusia Indonesia. Terima kasih"

Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.M., Eks Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I

"Saya dan istri waktu ke Batam berbekam di Bengkel Manusia Indonesia. Insya Allah kalau ke Batam bekam lagi di sini. Mantap!"

Irjen Pol. Drs. Mohamad Asep Syahrudin, M.Si., M.H., Analis Kebijakan Utama Lemdiklat Polri

"Saya biasa bekam di Bengkel Manusia Indonesia setiap tanggal 17 atau 19 atau 21 hijriah. Tanggal-tanggal inilah yang selalu saya tunggu untuk berbekam"

Letkol Laut (P) Bambang Budi Raharjo, S.E., M.Tr.Opsla., Kapuskodal Guskamla Koarmada I

“Saya ada alergi makanan laut, kalau makan seafood langsung gatal-gatal. Alhamdulillah setelah bekam di Bengkel Manusia tidak ada keluhan itu. Alhamdulillah saya pernah juga ada batu ginjal (karang) setelah diterapi batunya keluar atas izin Allah. Mantap dan sangat direkomendasikan untuk Anda semuanya”

Muhith Marzuqi Sodho, S.Pd.I., M.Pd.I., Mubaligh & Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau

"Keahlian yang diamanahkan kepada seseorang harus dilandasi rasa iman dan ikhlas, termasuk Anda (Bengkel Manusia Indonesia) yang diberikan keahlian bekam harus mengutamakan kepentingan bekam itu sendiri" 

Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), Budayawan - Penyair - Sastrawan - Penulis Buku

"Awalnya sih takut tapi setelah diyakinkan dan ditemani suami (Emha Ainun Nadjib) saat bekam di Bengkel Manusia Indonesia, akhirnya saya bisa menghilangkan takut dan merasakan bekam"

Novia Sanganingrum Saptarea Kolopaking, Artis Film - Penyanyi Indonesia